Rabu, 22 Januari 2014

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN KE PANTI ASUHAN MUSTIKA TAMA



LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
PANTI ASUHAN YATIM PIATU DAN DHU'AFA
MUSTIKA TAMA
Alamat: Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah: Psikologi Anak
Dosen Pengampu: Enik Nur Kholidah, M. A


Disusun Oleh:
LILIN FAJAR ASMAWATI   (13144600068)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
DESEMBER 2013

SAMBUTAN PENULIS

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
            Alhamdulillah, segala puji syukur kehadirat Ilahi Robbi pencipta alam semesta yang telah menghidupkan dan memusnahkan makhluk-makhluk-Nya di muka bumi ini. Tak lupa juga shalawat serta salam semoga tetap tercurah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga beserta sahabat-sahabatnya yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti. Amin amin ya robbal alamin.
            Atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya, kami dapat menyelesaikan laporan hasil kunjungan kami ke Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'afa Mustika Tama yang bertempat di Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta pada Sabtu, 21 Desember 2013 pukul 10.00-12.30 WIB. Laporan ini diajukan guna melengkapi salah satu tugas mata kuliah Psikologi Anak yang diampu oleh ibu Enik Nur Kholidah, M. A. Selain itu, penulisan ini dimaksudkan sebagai media bagi kami untuk menuangkan dan mengembangkan ide, pikiran, serta gagasan kedalam sebuah karya dari hasil observasi kami.
            Dalam penyusunan laporan ini kami menyadari tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik moril, material dan immaterial yang telah diberikan kepada kami. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih terutama kepada ibu Enik Nur Kholidah, M. A yang telah membimbing kami dari awal sampai terselesaikannya laporan ini. Serta tidak lupa pula kepada teman-teman yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
            Kami pun menyadari bahwa sepenuhnya banyak kekurangan dalam kami menulis laporan  ini. Maka sesuai dengan pepatah ”tak ada gading yang tak retak”, namun kami telah berusaha semaksimal mungkin menuangkan kemampuan yang ada pada diri kami. Maka dari itu, kami mohon maaf dan mengharapkan kritik dan saran yang membantu kami untuk lebih baik lagi dalam membuat laporan selanjutnya.
            Akhirnya, tiada lain harapan kami semoga laporan ini berguna bagi kita semua dan semoga usaha yang telah kami tempuh mendapat ridho dari Allah SWT.Amin
Wassalamu’alaikum wr.wb

Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN

A)    Latar Belakang
            Kondisi anak yang semakin tidak diperlakukan secara layak menjadikan kondisi psikologinya sedikit terganggu. Dimana anak pada usia 0-6 tahun seharusnya masih sibuk dengan dunianya sendiri (dunia bermain). Bahkan kasih sayang orang tua yang mereka butuhkan sangatlah penting. Pola asuh orang tua sangatlah mempengaruhi tumbuh kembang anak pada usia dini. Dengan adanya motif bekerja dan belum siapnya menjadi orang tualah yang menjadikan nereka menelantarkan anak-anaknya. Bahkan tidak jarang mereka membuang dan membunuhnya secara sadis. Seharusnya anak yang mereka lahirkan dari rahim seorang ibu mendapatkan hak yang sama pula untuk menghirup udara segar dan bersama keluarga yang menyayanginya.
            Namun hal tersebutlah yang menjadikan Indonesia berada dalam rangking teratas remaja yang melakukan aborsi karena alasan “kecelakaan”. Sungguhlah miris jika mendengar hal seperti itu. Seharusnya kita sebagai generasi muda yang akan membawa negeri ini kearah yang lebih baik sudah tidak ada lagi perbuatan-perbuatan seperti itu.

B)    Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian psikologi, psikologi perkembangan dan psikologi anak?
2.      Bagaimana perkembangan psikologi anak di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'afa di Padokan Kidul,Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta?
3.      Apa saja kegiatan yang dilakukan pihak panti untuk menstimulus anak dalam berpikir kreatif?
4.      Apakah latar belakang orang tua menitipkan anaknya ke panti asuhan?
5.      Bagaimana pengasuh atau pengurus dalam kerjanya mengelola panti?

C)    Tujuan
1.      Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk mempermudah dalam memahami inti dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
2.      Tujuan khusus:
a)      Untuk mengetahui pengertian dari psikologi, psikologi perkembangan dan psikologi anak.
b)      Untuk mengetahui perkembangan psikologi anak di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'afa di Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.
c)      Untuk mengidentifikasi cara-cara pengasuh dalam membimbing anak dalam kegiatan sehari-hari.
d)     Untuk mengidentifikasi latar belakang orang tua menitipkan anak-anaknya ke panti asuhan.
e)      Untuk mengetahui cara kerja pengurus dalam mengelola panti asuhan.
f)       Untuk bersilaturahmi

D)    Metode Penelitian
1.      Mencari tempat atau media yang dapat dijadikan sumber penelitian.
2.      Menyepakati tempat penelitian .
3.      Melakukan survey tempat penelitian.
4.      Mendiskusikan waktu berkunjung.
5.      Mengumpulkan bahan-bahan, seperti pertanyaan dan sumber informasi yang dapat membantu penelitian.
6.      Melakukan kunjungan ke panti yang telah disepakati.
7.      Menganalisis hasil kunjungan.
BAB II
PEMBAHASAN

A)    Pengertian Psikologi, Psikologi Perkembangan dan Psikologi Anak
1.      Psikologi, kata psikologi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari psyhe (jiwa) dan logos (ilmu). Jadi psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Namun beberapa ahli berpendapat bahwa:
a)      Psikologi sebagai studi ilmiah tentang perilaku yang dapat diobsevasi. (Albert Branca: 1964)
b)      Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari kehidupan mental. (William James, Syah: 1997, hal. 8)
c)      Psikologi sebagai “the science of human and animal behavior, the study of of the organisme in all its variety and complexity as it responds to the flux and flow of the physical and social events which make up the environment” (Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam dan kerumitannyaketika mereaksi arus perubahan lingkungan). (Caplin, Syah: 1997, hal. 8)
2.      Psikologi Perkembangan adalah salah satu cabang psikologi yang mempelajari kapan dan bagaimana perubahan yang terjadi pada manusia dari waktu ke waktu.
3.      Psikologi Anak adalah bagian dari ilmu psikologi perkembangan yang khusus mempelajari tahap perkembangan anak. Aspek yang dipelajari meliputi aspek pertumbuhan dan kematangan anak dari sisi kognisi, emosi, maupun struktural kepribadiannya. Psikologi perkembangan anak juga membahas tentang cara memahami anak dan cara memberi perlakuan yang tepat dengan mempertimbangkan kondisi mereka.


B)    Pelaksanaan Kegiatan
1.    Tempat dan Waktu Kunjungan
Kegiatan kunjungan di Panti Asuhan Mustika Tama kami laksanakan pada :
hari                         : Jum’at, 21 Desember 2013
waktu                     : pukul 10.00 sampai 12.30 WIB

2.    Profil Panti Asuhan Mustika Tama
       Yayasan panti asuhan yatim piatu dan dhu'afa Mustika Tama terletak di Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kondisi sosial ekonomi masyarakat yang tidak selalu menguntungkan bagi sebagian orang mengakibatkan banyaknya anak terlantar, anak yatim piatu, dan dhu'afa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya atau keluarganya. Berangkat dari kondisi inilah para Pendiri Yayasan Panti Asuhan Mustika Tama tergerak hatinya dengan setulus ikhlas untuk berperan aktif mengentaskan kemiskinan dengan mendirikan panti asuhan. Maka pada tanggal 19 Juli 2010, para Pendiri menghadap Notaris Mustika Rahaju, SH untuk merealisasikan niat mulia tersebut di atas. Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Mustika Tama didirikan dengan akta notaris No. 06 tanggal 19 Juli 2010 dan selanjutnya mendaftarkan pengesahan Akta Pendirian ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Tanggal 16 Agustus 2010 terbitlah Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentang Pengesahan Yayasan Yatim Piatu Mustika Tama. Panti ini bersifat terbuka, aktif, nirlaba, dan bukan organisasi politik. Maksud dan tujuan panti asuhan Mustika Tama adalah untuk bidang sosial dan kemanusiaan.
       Dukungan masyarakat sekitar terhadap berdirinya Yayasan tersebut sangatlah besar, yang dapat ditunjukkan dengan keikhlasan masyarakatnya untuk bergabung sebagai Pengurus Panti Asuhan Mustika Tama. Dukungan yang lain pun diwujudkan pula dalam bentuk bantuan modal awal terhadap berdirinya panti, baik berupa uang tunai maupun barang yang dapat dimanfaatkan untuk operasional panti. Atas dukungan dari semua pihak, maka berdirilan panti asuhan di Jogonalan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta yang menempati rumah kontrakan dengan luas lahan 250m2 dan luas bangunan 186m2.
       Adapun Identitas Panti Asuhan Mustika Tama:
Nama Panti : Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa                                                            Mustika Tama
Alamat                   : Cemplung Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan                                             Bantul.
No. Telp.                : 081392984766
Email                      : mustikatama@yahoo.co.id

LEGAL FORMAL PANTI ASUHAN MUSTIKA TAMA
Akta Notaris Mustika Rahaju, S.H. Nomor : 06 Tanggal 19 Juli 2010. Pengesahan Yayasan Yatim Piatu Mustika Tama oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-3422.AH.01.04      Tahun 2010 tanggal 16 Agustus 2010 dengan NPWP: 31.217.251.3- 543.000.

MAKSUD DAN TUJUAN PANTI ASUHAN MUSTIKA TAMA
Yayasan mempunyai maksud dan tujuan di bidang sosial dan kemanusiaan.

VISI DAN MISI PANTI ASUHAN MUSTIKA TAMA
Visi : Menjadi Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa yang terpercaya, profesional, amanah, dan mandiri.
Misi :
a)    Mengasuh anak yatim, yatim piatu, dan dhuafa menjadi anak yang cerdas,  sholeh/sholehah, berakhlak mulia, dan mandiri.
b)   Membekali pendidikan  dan ketauladanan yang utama kepada anak asuh.
c)    Menyantuni tuna wisma, fakir miskin, dan anak-anak yang terlantar.
d)   Mengelola Yayasan Panti Asuhan secara profesional, akuntabel, dan transparan.

AKSES BANTUAN PANTI ASUHAN MUSTIKA TAMA
Kepada para dermawan yang akan menyumbang Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Mustika Tama dapat diserahkan langsung ke kantor Panti, dusun Jogonalan Lor (ringroad selatan, sebelah timur Pabrik Gula Madukismo), Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Nearby cities: Dusun Mandingan, Yogyakarta, Desa Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul Coordinates: 7°49'52"S 110°20'26"E.
       Susunan pengurus ada sejumlah 48 orang dengan rincian sebagai berikut:
1.      Pendiri                    = 11 orang
2.      Pembina                  = 3 orang
3.      Pengawas               = 2 orang
4.      Ketua                      = 2 orang
5.      Sekretaris                = 2 orang
6.      Bendahara              = 3 orang
7.      Seksi-seksi              :
a)      Penerima tamu                          = 4 orang
b)      Usaha                                       = 5 orang
c)      Humas dan dokumentasi          = 3 orang
d)     Kesehatan                                 = 4 orang
e)      Kesejahteraan                           = 3 orang
f)       Penata gizi                                = 1 orang
g)      Kepala pengasuh                      = 2 orang
h)      Text Box:  Keamanan & lingkungan          = 3 orang
Jumlah                                          = 48 orang

3.    Perkembangan Anak Asuh Panti Asuhan Yatim Piatu Mustika Tama
       Panti asuhan Mustika Tama yang terletak tidak jauh dari pabrik gula Madukismo saat ini mengasuh anak yakni usia 0-6 tahun berjumlah 11 anak. Akan tetapi jumlah secara keseluruhan anak asuh yang ada berjumlah 82 orang (terdiri dari anak-anak dan orang dewasa). Panti yang terletak di Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul hanyalah mengasuh anak pada usia 0-6 tahun. Sedangkan panti asuhan yang diperuntukkan bagi orang dewasa (manula) juga memiliki tempat singgah sendiri yang terletak tidak jauh pula dari panti asuhan yang utama.
       Berdasarkan data terakhir yang kami terima dari hasil observasi pada tanggal 21 Desember 2013, usia paling dini anak asuh yang berada di panti asuhan Mustika Tama berumur tiga hari, sedangkan usia anak paling besar yaitu kurang lebih berumur lima tahun.
       Mengingat alasan orang tua anak menitipkan anak-anaknya di panti asuhan ini sangatlah beragam. Misalnya saja orang tua anak yang berusia tiga hari tersebut menitipkan anaknya karena belim siapnya menjadi orang tua. Melihat fakta yang kami dapat, 99% dari alasan mengapa para ayah dan ibu bayi menitipkan anaknya karena usianya yang masih muda, tidak mendapat persetujuan dari orang tua dan terbenturnya dengan status pelajar (mahasiswa/mahasiswi).
       Tentu sungguhlah menyayat hati jika mendengar permasalahan seperti itu semakin merebak di negeri ini. Lalu apakah faktor yang mempengaruhi hal-hal seperti itu?
LAMPIRAN

A)    Jenis Kegiatan             : Bakti Sosial
B)    Pelaksana                    : Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru                                                         Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu                                                         Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta
C)    Sasaran                        : Anak Panti Asuhan dan Dhu'afa Mustika Tama                                                    Padokan Kidul, Kasihan, Bantul
D)    Pelaksanaan                 :
a)      waktu                    : Sabtu, 21 Desember 2913
b)      pukul                     : 10.00 – 12.30 WIB
c)      tempat                    : Panti Asuha Mustika Tama

E)     Sumber Dana              :
a)      iuran anggota kelas A2-13
1.      uang         : 40 mahasiswa x @ Rp 20.000     = Rp. 800.000;00
2.      beras         : 20 mahasiswa x @0.5 kg             = 10 kg
b)      sumbangan dari luar
1.      uang                                                                = Rp. 70.000;00
2.      beras                                                                = 5 kg
Jumlah  :        Uang                                       = Rp. 870.000;00
Beras                                       = 15 kg                       
F)     Anggaran Penggunaan Dana  :
a)      Bakti Sosial
1.      Pampers                                   : Rp. 180.900;00
2.      Beras @ Rp. 8.500; x 30 kg    : Rp. 255.000;00
3.      Snack                                      : Rp. 189.100;00
4.      Uang Sumbangan                    : Rp. 245.000;00
Jumlah                                   : Rp. 870.000;00


G)    Foto




Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta bersama Anak Panti Asuhan Mustika Tama ( Bayu dan Selfi)






Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta bersama Anak Panti Asuhan Mustika Tama ( Bayu dan Selfi)

1 komentar: