Kamis, 23 Januari 2014

LETAK INDONESIA DALAM PETA DUNIA DAN GLOBE

Kamu dapat menemukan letak Indonesia pada peta dunia dan globe dengan sangat mudah. Bentuk pulau-pulau Indonesia sudah kamu ketahui. Namun sebelum kamu mempelajari tentang semuanya itu, sebaiknya kamu mengetahui dahulu beberapa istilah yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari pada artikel ini.
1.      Peta Dunia, adalah gambaran atau lukisan permukaan dunia (bumi). Meskipun bumi itu bulat, akan tetapi dapat digambar pada selembar kertas, karton, kain, atau sejenisnya yang berbentuk datar. Peta itu ada yang mencakup wilayah sempit dan ada pula yang mencakup wilayah yang lebih luas. Peta yang mencakup wilayah sempit antara lain peta desa, kecamatan, dan kabupaten. Sedangkan peta yang mencakup wilayah luas antara lain peta negara, benua, dan dunia. Kumpulan beberapa peta yang berupa buku disebut dengan atlas.
2.      Globe, adalah bola bumi buatan, peta bumi yang bulat seperti bola, atau tiruan bumi. Adapun kegunaan globe antara lain:
a.       Menunjukkan bentuk bumi yang sebenarnya,
b.      Menunjukkan system garis lintang dan garis bujur,
c.       Memperagakan gerak rotasi atau perputaran bumi, serta
d.      Memperagakan terjadinya siang dan malam.
3.      Posisi Geografis (letak astronomis), adalah tempat kedudukan suatu wilayah berdasarkan lengkung langit atau cakrawala.
a)      Garis Bujur, adalah garis-garis atau lingkaran khayal vertical pada permukaan bumi yang digambarkan pada peta dunia atau globe dari kutub utara ke kutub selatan, dan sebaliknya. Garis bujur juga disebut Meridian. Garis bujur 0 derajad disebut Meridian Pangkal. Meridian pangkal tersebut melalui Greenwich Observatory, London, Inggris. Garis tersebut juga menjadi penentu waktu Internasional yang disebut Greenwich Mean Time (GMT).
b)      Garis Lintang, adalah garis-garis atau lingkaran khayal mendatar pada permukaan bumi yang digambarkan pada peta dunia atau globe, berpotongan tegak lurus dengan garis-garis bujur. Garis lintang 0 derajad disebut garis khatulistiwa (ekuator).
Setelah memahami beberapa pengertian tersebut, sekarang marilah kita belajar mencari letak Indonesia pada peta dunia dan globe. Sekarang coba perhatikan pernyataan berikut!
“Indonesia terletak di antara garis 6o LU- 11o LS dan garis 95o-141o BT.”
Lalu pada garis lintang dan garis bujur berapakah letak kota tempat tinggalmu? Jangan bingung!
a.       Garis 6o Lintang Utara-11o Lintang Selatan
Satuan derajad dapat merupakan satuan untuk ukuran suhu, tetapu dapat pula merupakan satuan ukuran sudut.
1)      Batas paling Utara Wilayah Indonesia
Garis 6o lintang utara merupakan batas paling utara dari wilayah daratan Indonesia. Garis ini tepat melalui pantai utara Pulau We, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
2)      Batas paling Selatan Wilayah Indonesia
Garis 11o LS merupakan batas paling selatan dari wilayah daratan Indonesia. Garis ini tepat melalui pantai selatan Pulau Rote, provinsi Nusa Tenggara Timur. 
b.      Garis 95o Bujur Timur- 141o Bujur Timur
1)      Batas paling Barat Wilayah Indonesia
Garis 95o BT merupakan batas paling barat dari wilayah daratan Indonesia. Garis ini tepat melalui pantai barat Pulau Breueh, propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
2)      Batas paling Timur Wilayah Indonesia
Garis 141o Bujur Timur merupakan batas paling timur dari wilayah daratan Indonesia. Garis ini tepat melalui perbatasan antara propinsi Papua dan Negara Papua Nugini.

3 komentar:

  1. maksud saya letak indonesia di globe

    BalasHapus
  2. The best slot machines - luckyclub.live
    With thousands of players worldwide, our lucky club offers some of the most thrilling games around, including slots, video poker and bingo. Find out the top luckyclub

    BalasHapus
  3. Gambling - Casino VR in Venues - JeMHub
    Venues is an exciting 광주광역 출장안마 VR platform developed and published by 영주 출장샵 Scientific 충청북도 출장마사지 Games. 여수 출장샵 The gaming platform 서울특별 출장샵 allows you to immerse yourself in a life of

    BalasHapus